Lifestruggle

#Lifestruggle: Infeksi di Kelopak Mata Karena Baby Oil

1:16 PM

  Jadi dimulai dari kata temen-temen gue, yang katanya kalau bersihin make up dimata bagus menggunakan baby oil, karena kandungannya yang alami dan cepet bersihin make up dimata yang tebel itu. Suatu hari eye remover gue habis, dan gue inget kata temen gue itu buat menggunakan baby oil. Okay, I decided to buy yang mengandung lidah buaya dan olive oil yang katanya bagus untuk menjaga kelembab-an kulit. Sebulan yang lalu kulit gue lagi bermasalah sama yang namanya kulit kering sampe ngelupas-ngelupas soalnya, makanya setau gue lidah buaya dan olive oil itu bagus untuk kulit kering.
  Hari pertama pake baby oil keliatan efektif banget ngapus make up di mata, sampe maskara tebel pun cepet keapus. Hari kedua pakai baby oil, masih mikir kalo emang baby oil bagus banget buat eye remover walaupun oily banget tapi manteplah. But disaster came keesokan harinya, kulit kelopak mata gue tiba-tiba bruntusan walaupun ga banyak, dan gue ngerasa kelopak mata gue agak gatal. Tapi gue masih enggak tau itu karena baby oil. Jadi gue masih ngelanjutin buat ngapus make up pakai baby oil, enggak lama kemudian berasa panas dan perih banget di kelopak mata gue. Bener ternyata besoknya kelopak mata gue beruntusan, merah, gatel, belum lagi kalau kena air, perih eiim.
  
Kelopak mata gue kering bersisik dan muncul kerutan2
I forgot day keberapa, tapi ini udah dalam proses penyembuhan.
* so sorry lupa foto pas ruamnya parah*
   Gue cari-cari lah sama mbah google, ada apa gerangan sama mata gue. Then I found this "Jangan Bersihkan Riasan Mata Menggunakan Baby Oil". Buat yang males open page, ibu dokter jelasin yah *pasang kaca mata* Jadi kulit disekitar mata kita mempunyai ketebalan yang berbeda dibanding kulit di area lain pada wajah. Kulit di area mata itu tipis dan rentan. Maka dari itu butuh perawatan berbeda, dan harus rajin dibersihkan setiap habis menggunakan riasan mata menggunakan produk yang tepat. 
  Membersihkan menggunakan baby oil merupakan saran yang tidak dianjurkan, karena bahan dasar baby oil adalah minyak. Bahan minyak yang berlebihan bisa menutup pori-pori kulit sehingga kulit tidak bisa bernafas lalu mengalami iritasi. Awalnya hanya terlihat kemerahan yang mungkin kita sendiri enggak terlalu peduli, tapi lama kelamaan ada rasa panas dan gatal yang membuat kulit sekitar mata mengering. Apabila penggunaan baby oil berulang kali akan menimbulkan masalah kecoklatan atau kehitaman di area kelopak mata.

  But, if you're not too late don't panic, I'm here to give you some advice based on my experience.

What I did?
  Kompres mata menggunakan air hangat yang sudah diteteskan madu sebanyak satu sendok teh. Pakai handuk kecil dan letakan dimata selama 10-15 menit. Lakukan 3kali sehari.
Hindari mengelupas sisik-sisik kering dikelopak mata, karena akan tangan kita tidak higenis dan akan menimbulkan infeksi hingga akan sangat perih terkena air. Hindari juga penyucian sabun muka didaerah kelopak mata.
Taken: today
Setelah hari kedua mengompres mata.

Mata kiri gue udah sembuh duluan
Karena dimata kiri ruamnya enggak terlalu parah
pls ignore bekas jaitan di alis gue :'(

Kenapa Madu?
  Madu mempunyai sifat antibakteri dan antimikroba yang mempercepat proses penyembuhan. Madu juga dapat mengobati kulit rusak atau infeksi dan mempercepat regenarasi sel-sel kulit.
  Tapi madu juga bisa menimbulkan alergi yang berasal dari serbuk sari atau bipolen, walaupun memang hanya beberapa orang yang mempunya alergi bipolen tersebut. Buat kamu yang memang alergi bipolen lebih baik tidak menggunakannya untuk menyembuhkan kulit, karena akan memarah ruamnya.
  Cara mencegahnya, tentu saja dengan menghindari madu dengan kandungan bipolen yang berasal dari nektar tumbuhan.

Summary
   Gue sebelumnya menggunakan eye & lips make up remover by Maybelline. Gue nyoba baby lips karena emang engga ada efek apa-apa ditemen gue dan karena gue pikir enggak menganduk bahan-bahan berbahaya, tapi alangkah baiknya untuk menggunakan yang memang khusus didesain untuk kelopak mata. Karena baby oil didesain bukan untuk kulit seperti kelopak mata yang sangat sensitif. Untuk kulit yang enggak sensian seperti gue, mungkin efeknya enggak sekarang, tapi cepat atau lambat akan meninggalkan bekas kecoklatan di kelopak mata.
   Sekarang gue lagi nyari-nyari eye & lips remover selain Maybelline, karena ternyata masih mengandung paraben, gue lagi mau mengurangi penggunaan-penggunaan paraben. Buat yang tau please give me some advice ya buat eye & lips remover yang enggak mengandung paraben dan aman dikulit kelopak mata yang sensian ini. 
   Caacyiiis 


You Might Also Like

3 comments

  1. Kak aku juga lagi brubtusan nih matanya... Selain pake madu bisa enggak pake Aloe Vera ya Natur republik?

    ReplyDelete

SUBSCRIBE